Minggu, 18 Januari 2009

Kenapa kita gag mau jadi sahabat bumi??

Isu pemanasan global (global warming) yang membawa banyak dampak mulai dari perubahan iklim global (global climate change), mencairnya es di kutub sampe peningkatan curah hujan sebenarnya udah cukup bikin miris.. Kayaknya topik ini gag bakalan ada habis - habisnya buat dibahas.
Dan banyak pendapat bilang (sebenarnya memang begitu kenyataannya sih) kalau semua dampak itu akibat ulah manusia sendiri. Kalau dijabarkan kayak gini skemanya: pemanasan global itu kan terjadi antara lain karena efek rumah kaca atau greenhouse effect. Nah efek rumah kaca itu disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi emisi - emisi gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dll di atmosfer. Emisi gas itu dihasilkan dari segala kegiatan manusia di bumi ini.
Dari pagi kita pergi ke sekolah atau kampus pasti naik kendaraan bermotor. Dan gag selesai sampai disitu aja,, kalau kita banyak kegiatan di luar sekolah berarti frekuensi penggunaan kendaraan bermotor itu sendiri juga lebih banyak.. Tanpa disadari asap yang dikeluarkan dari kendaraan itu sendiri yang memicu terjadinya pemanasan global itu.. Mungkin kalau hanya asap dari kendaraan kita sendiri sih nggak terlalu berdampak besar ya,, tapi munasia di bumi ini kan miliaran juta. Dan hampir 95% dari kita semua menggunakan kendaraan bermotor setiap harinya. Jadi bisa dibayangin gimana numpuknya gas - gas emisi itu di atmosfer kita.


Belum lagi emisi gas - gas sisa pembakaran hutan yang belakangan semakin marak. Apalagi di Indonesia, yang kaya akan hutannya. Sering banget kan kita lihat berita di televisi tentang pembakaran hutan yang semakin nggak terkendali. Yang kayak gitu tuh yang bikin polusi udara semakin buruk. Hhh.. Sebenernyaa ngebahas aja nggak bakalan menyelesaikan masalah. Kita juga nggak sadar kalau kegiatan - kegiatan kita membuat bumi semakin tersiksa. Kalau punya mulut, pasti bumi bakalan teriak - teriak kesakitan. Sayangnya bumi nggak punya mulut, dan indra perasa kita juga kurang peka dengan kesengsaran bumi itu.

Banyak solusi yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penderitaan bumi. Antara lain yang paling memungkinkan kita lakukan setiap hari di sekitar kita adalah mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Karena kendaraan bermotor banyak mengandung emisi - emisi yang bisa merusak bumi. Selain itu kita juga bisa mengurangi pemakaian AC, karena AC kan mengandung CFC yang bisa merusak ozon. Gag hanya itu, masih banyak alat - alat yang sering kita pake yang tanpa kita ketahui mengandung bahan yang dapat merusak bumi. Tentunya kita harus sebisa mungkin memperkecil frekuensi pemakaian alat - alat non ramah lingkungan itu.

Satu pertanyaan yang harusnya tertanam dalam diri kita semua: Kenapa sih kita nggak mau jadi sahabat bumi?? Padahal kan tugas sebagai sahabat bumi nggak berat. Kita cuma bertugas merawat dan menjaga kelestarian alam di sekitar kita. Cuma itu kok. Bumi sama halnya dengan kita semua, butuh sahabat. Khususnya disaat seperti sekarang ini, disaat orang - orang nggak lagi peduli dengan keadaannya. Bumi butuh seorang sahabat yang mengerti apa yang diinginkannya. Dan kita semua harus yakin,, kita pasti bisa jadi sahabat yang baik untuk bumi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar